Sabtu, 23 November 2019

Pengertian Animasi Lengkap

Pengertian Animasi
Dalam  bukunya yang berjudul “Multimedia Alat untuk Meningkatkan keunggulan bersaingM. Suyanto berpendapat bahwa Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar [4].

Jenis Animasi
Menurut Patmore (2003), ada beberapa jenis animasi, diantaranya adalah[6]:
1. Stop Motion
Stop motion disebut juga frame-by-frame. Teknik animasi ini akan membuat objek seakan bergerak. Objek bisa bergerak karena mempunyai banyak frame yang di jalankan secara berurutan.
2. Cell animation
Dulunya, cell animation merupakan gambar berurutan di banyak halaman yang di jalankan. Animasi tradisional bisa disebut juga animasi klasik atau animasi hand-drawn. Cell animation merupakan animasi tertua dan merupakan bentuk animasi yang paling popular.

3. Time-Lapse
Setiap frame akan di-capture dengan kecepatan yang lebih rendah daripada kecepatan ketika frame dimainkan. Contohnya:
a. Gerakan bunga yang terlihat ketika mekar dan
b. Pergerakan matahari yang terlihat dari terbit sampai tenggelamnya.
4. Claymation
Claymotion dulunya disebut dengan Clay Animation dan merupakan salah satu bentuk dari stop motion animation. Nama claymation merupakan nama yang terdaftar di Amerika yang didaftarkan oleh Will Vinton pada tahun 1978. Setiap bagian yang dianimasikan, baik itu karakter atau background merupakan suatu benda yang dapat diubah-ubah bentuknya, misalnya wax atau Plasticine Clay.
5. Cut-out animation
Teknik ini digunakan untuk memproduksi animasi menggunakan karakter, properti, dan background dari potongan material seperti kertas, karton atau foto. Saat ini cut-out animation di produksi menggunakan komputer dengan gambar dari hasil pemindai atau grafik vektor untuk menggantikan potongan material yang digunakan.
6. Puppet animation
Dalam puppet animation, boneka akan menjadi aktor utamanya sehingga animasi jenis ini membutuhkan banyak boneka. Animasi jenis ini dibuat dengan teknik frame by frame, yaitu setiap gerakan boneka di capture satu persatu dengan kamera.
Animasi Komputer
Animasi komputer (Computer Animation atau CGI Animation) adalah seni membuat gambar bergerak dengan menggunakan komputer. Animasi komputer merupakan bagian dari Grafika Komputer dan Animasi. Istilah animasi komputer juga merujuk pada CGI (Computer-Generated Imagery atau Computer-Generated Imaging) terutama ketika digunakan pada film. Animasi komputer terus berkembang dengan pesat. Saat ini, jika berbicara tentang animasi komputer, berarti bicara tentang grafika komputer 3D, walaupun grafika komputer 2D masih digunakan dengan luas untuk penggunaan bandwidth rendah dan kebutuhan render real-time yang cepat.
Teknik animasi 2D cenderung mengambil fokus pada manipulasi gambar, sedangkan teknik 3D biasanya membangun dunia maya dengan karakter dan objek-objek yang saling bergerak dan berinteraksi. Animasi 3D juga dapat membuat gambar yang terlihat realistis bagi pemirsanya.
a. Animasi 2D
Model animasi 2D dibuat atau diedit di komputer menggunakan gambar bitmap 2D atau vektor 2D. Animasi ini termasuk versi teknik animasi tradisional yang terotomatisasi pada komputer, misalnya tweening, morphing, onion skinning dan interpolated rotoscoping.
Tweening atau inbetweening merupakan proses pembuatan frame secara otomatis antara dua gambar yang berbeda untuk memberikan tampilan bahwa gambar pertama akan berubah menjadi gambar kedua. Perubahan ini dapat berupa perubahan bentuk atau koordinat. Penggunaan  tweening  berguna bagi animator terutama dalam hal kecepatan membuat animasi.
Morphing merupakan efek khusus dalam animasi yang berguna untuk mengubah (morph) satu gambar menjadi gambar lain dengan perubahan yang halus. Efek ini sering digunakan untuk menggambarkan perubahan wajah seseorang menjadi wajah orang lain. Contohnya morphing bush menjadi schwarzenegger

Onion skinning merupakan teknik yang digunakan untuk membuat animasi kartun animasi kartun dan pengeditan video untuk melihat beberapa frame pada satu waktu. Dengan cara ini animator atau editor dapat membuat keputusan mengenai bagaimana membuat atau mengubah gambar berdasarkan gambar sebelum dan sesudah urutan.
Rotoscoping adalah teknik animasi dengan animator yang menjiplak gerakan film manusia secara frame by frame untuk digunakan pada film animasi.

Pada animasi 2D, model dibuat dari objek-objek yang terpisah dengan layer transparant. Kemudian anggota tubuh, mata, mulut, pakaian dan seterusnya digerakkan oleh animator dengan keyframe. Setelah gerakan-gerakan selesai dilakukan tahap selanjutnya adalah render.
b. Animasi 3D
Animasi 3D akan dimodelkan dan dimanipulasi oleh animator. Struktur kerangka tulang digital yang dapat digunakan untuk mengontrol model akan diberikan pada pemanipulasian model, proses ini di sebut rigging.
Motion capture, motion tracking atau mocap merupakan istilah untuk mendeskripsikan proses perekaman gerakan dan penerjemah gerakan ke dalam model digital [6].

Sumber : 
[4]
M. Suyanto, Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

[6]
I. Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogyakarta: Andi Offset, 2010. 

0 komentar:

Posting Komentar