Sabtu, 23 November 2019

Analisis Kebutuhan Sistem


Tujuan dari fase analisis adalah memahami dengan sebenar-benarnya kebutuhan dari sistem baru dan mengembangkan sebuah sistem yang mewadahi kebutuhan tersebut, atau memutuskan bahwa sebenarnya pengembangan bahwa pengembangan sistem baru tidak dibutuhkan. Kebutuhan sistem bisa diartikan sebagai pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh sistem, dan karakteristik yang harus dimiliki sistem[15].
\

Kebutuhan Fungsional (Functional Requirements)
Kebutuhan fungsional merupakan kebutuhan yang berisi proses sistem yang bisa dilakukan, informasi yang harus ada, dan apa yang harus dihasilkan oleh sistemagar sistem dapat berjalan dengan baik serta sesuai dengan kebutuhan [15].
 Kebutuhan Non-Fungsional (Non-Functional Requirements)
Kebutuhan non-fungsional adalah batasan layanan atau properti perilaku yang ditawarkan oleh sistem diantaranya kebutuhan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), serta pengguna (brainware) [15].
1. Perangkat keras (hardware)
Perangkat keras (hardware) adalah sumber daya bagian dari sistem komputer. User dapat memperluas kemampuan komputer dengan menambahkan beebagai perangkat input misalnya, keyboard, mouse, scanner atau perangkat output misalnya monitor, multimedia  proyektor atau berbagai media penyimpanan[14].
2. Perangkat lunak (software)
Perangkat lunak (software) adalah daya yang sebenarnya tidak kasat mata, yang digunakan untuk memberikan intruksi langsung (dilakukan oleh user) ataupun tidak langsung (dilakukan dalam manajemen sistem operasi) terhadap perangkat keras. Ada banyak contoh dari software yang di kategorikan lagi ke dalam sistem operasi misalnya windows family, linux, dan unix. Utilitas (memory management, disk manager) dan software aplikasi (paket office, coreldraw, adobe cs, acrobat reader) [14].
3. Pengguna komputer (brainware)
Manusia sebagai pengguna sistem komputer (brainware). Manusia dalam pengertian sumber daya informasi umumnya dikategorikan kedalam dua bagian yaitu:
a. Manusia sebagai profesional di bidang teknologi informasi. Ada berbagai macam bidang kerja devisi IT. Semakin besar perusahaan , job description IT semakin spesifik misalnya database administrator, programer, sistem analist, it manager, technical support, dan techniciant.
b. Manusia sebagai pemakai dari sistem informasi yang kerap di kenal sebagai end user [14].


Sumber :
  [14] S. Feri, Seri Referensi Praktis Manajemen IT, Jakarta : PT Elex Media   Komputerindo, 2008
[15]
H. A. Fatta, Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern, Yogyakarta: Andi Offset, 2007

0 komentar:

Posting Komentar