Sabtu, 23 November 2019

Standar Video Perfilman

 Standar Video
Ada beberapa standar video yang dipakai sekarang, diantaranya adalah NTSC, PAL, SECAM dan HDTV. NTSC (National Television Standards Committee) dikembangkan tahun 1950 yang mendefinisikan standar video yang dibuat sampai 525 gambar garis scan horisontal setiap 1/30 detik. Standar ini digunakan terutama di Amerika Serikat dan Jepang.
PAL (Phase Alternate Line) merupakan standar yang digunakan di Eropa dan negara lainnya. Menurut Vaughan (1994) ini merupakan metode terintegrasi penambahan warna sinyal televisi hitam putihyang mengandung 625 garis pada sebuah frame rate (25 frame rate per second), masing –masing membutuhkan 1/50 detik untuk menggambar (50 Hz).
SECAM (Sequential Colour and Memory sistem) merupakan standar yang digunakan di Prancis.
HDTV (High Definition TV) merupakan standar baru dalam hal teknologi televisi yang menyediakan kualitas gambar layar lebar serupa dengan film 35 mm dengan kualitas suara sekualitas compact disc (CD). HDTV menyediakan gambar lebih besar dengan detail lebih besar dan lebih jernih dibanding dengan televisi standar (NTSC, PAL, SECAM), HDTV lebih lebar dan lebih tinggi aspek rasionya, yaitu 16:9, sedangkan televisi standar aspek rasionya hanya 4:3. Resolusi HDTV mencapai 1080 garis aktif (total 1125), sedangkan televisi standar mempunyai resolusi hanya 486 garis aktif (total 525) [4].


Sumber:
[4]
M. Suyanto, Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Yogyakarta: Andi Offset, 2005. 

0 komentar:

Posting Komentar