Kamis, 14 November 2019

Model Waterfall

Model Waterfall

Waterfall Model pertama kali di perkenalkan oleh Winston Royce tahun 1970. Waterfall Model merupakan model klasik yang sederhana dengan aliran sistem yang linier. Output dari setiap tahap ini merupakan input bagi tahap berikutnya.
Model ini telah diperoleh dari proses rekayasa lainnya dan menawarkan cara pembuatan perangkat lunak secara lebih nyata.
Model ini melibatkan tim SQA(Software Quality Assurance) dengan lima tahapan, dimana setiap tahapan selalu dilakukan verifikasi atau testing. Tahapan model ini meliputi:
· Requirement
Dalam tahap ini jasa, kendala dan tujuan dihasilakan dari konsultasi dengan pengguna sistem. Kemudian semuanya itu dibuat dalam bentuk yang dapat di mengerti oleh user dan staf pengembang. Dengan kata lain dalam tahapan ini dilakukan analisa kebutuhan, kemudian di verifikasi oleh klien dan tim SQA.
· Specification
Dokumentasi spesifikasi, kemudian diperiksa oleh tim SQA. Selanjutnya jika disetujui oleh klien, maka dokumen tersebut merupakan kontrak kerja antara klien den pengembangan software. Selanjutnya merencanakan jadwal pengembangan Software. Jika disetujui tim SQA, tahap desain baru dilakukan.
· Design
Proses desain sistem membagi kebutuhan-kebutuhan menjadi sistem perangkat lunak atau perangkat keras. Proses tersebut menghasilkan sebuah arsitektur sistem keseluruhan. Desain perangkat lunak termasuk menghasilkan fungsi sistem perangkat lunak dalam bentuk  yang mungkin di transformasi ke dalam satu atau lebih program yang dapat dijalankan. Tahapan ini telah menentukan alur software hingga pada tahap algoritma yang detail. Di akhir tahap ini, kembali di periksa oleh tim SQA.
· Implementation
Selama tahap ini desain perangkat lunak di sadari sebagai sebuah program lengkap atau unit program. Desain yang telah disetujui, diubah dalam bentuk kode-kode program. Tahapan ini , kode-kode program yang dihasilkan masih pada tahap modul-modul. Diakhir tahap ini, tiap modul di testing tanpa di integrasikan.
· Integration
Unit program diintegrasikan dan diuji menjadi menjadi sistem yang lengkap untuk menyakinkan bahwa persyaratan perangkat lunak telah dipenuhi. Setelah ujicoba, sistem disampaikan ke konsumen.
· Operation mode & retirement
Normalnya, ini adalah tahap yang panjang. Sistem dipasang dan digunakan. Pemeliharaan termasuk pembetulan kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya. Perbaikan implementasi unit sistem dan peningkatan jasa sistem sebagai kebutuhan baru ditemukan.
Setiap tahap dari model ini menggunakan Document Driven, yaitu tahap selanjutnya selalu bekerja berdasarkan dokumen yang diberikan tahap sebelumnya.

 
Gambar 1.1 Waterfall Model




0 komentar:

Posting Komentar