Kamis, 28 November 2019

Human Computer-Interface (HCI)


Human Computer-Interface (HCI)

Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)

Tujuan:
 User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
 WYSIWYG (what you see is what you get)
 Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
 Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja HCI (lanjutan)

► Permasalahan yang muncul:
 Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna
 Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi
 Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
 Para pengguna berbeda dari sebelumnya
 Para pengguna berbeda satu dengan lainnya
 Para pengguna berbeda dari kita
► Mulai diterapkannya GUI (Graphical User Interface)

Prinsip Kerja Sistem Komputer
Input:
Angka, karakter, gambar, dll
Output:
Angka, karakter, gambar, suara, dll
Proses
Interaksi manusia dan komputerKriteria User Friendly
►Memiliki tampilan yang bagus
►Mudah dioperasikan
►Mudah dipelajari
►Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut

Definisi IMK
► Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer
► Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri
► Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya

Sistem IMK
HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)
Dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
h = subsistem manusia
m = subsistem mesin
e = subsistem lingkungan
i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
t = waktu, lamanya interaksi terjadi

Aplikasi IMK
► Perkantoran
► Kendali proses
► Penerbangan
► Komunikasi
► Desain pekerjaan
► Pelatihan/seleksi
► dll

Bidang Studi yang Mempengaruhi Perkembangan IMK
HCI
Computational
linguistics Artificial
intelligence
Cognitive
science
Sociology
Ergonomics
Organizational
psychology
Mathematics
Cognitive
psychology
Social
psychology
Software
engineering
Anthropology

Piranti Bantu Pengembangan Sistem
► Pertama kali dikembangkan oleh MacApp oleh Apple pada pertengahan tahun 1980-an
► Contoh piranti bantu lainnya: Visual dBase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, Borland Delphi, dll
► Keuntungan:
 Tampilan/antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik
 Program antarmuka menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis untuk dipelihara

Kesalahan Mendasar Programmer
► Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
► Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
► Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
► Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
► Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data

0 komentar:

Posting Komentar