Kamis, 28 November 2019

Human Computer-Interface (HCI)


Human Computer-Interface (HCI)

Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)

Tujuan:
 User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
 WYSIWYG (what you see is what you get)
 Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
 Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja HCI (lanjutan)

► Permasalahan yang muncul:
 Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna
 Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi
 Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
 Para pengguna berbeda dari sebelumnya
 Para pengguna berbeda satu dengan lainnya
 Para pengguna berbeda dari kita
► Mulai diterapkannya GUI (Graphical User Interface)

Prinsip Kerja Sistem Komputer
Input:
Angka, karakter, gambar, dll
Output:
Angka, karakter, gambar, suara, dll
Proses
Interaksi manusia dan komputerKriteria User Friendly
►Memiliki tampilan yang bagus
►Mudah dioperasikan
►Mudah dipelajari
►Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut

Definisi IMK
► Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer
► Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri
► Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya

Sistem IMK
HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)
Dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
h = subsistem manusia
m = subsistem mesin
e = subsistem lingkungan
i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
t = waktu, lamanya interaksi terjadi

Aplikasi IMK
► Perkantoran
► Kendali proses
► Penerbangan
► Komunikasi
► Desain pekerjaan
► Pelatihan/seleksi
► dll

Bidang Studi yang Mempengaruhi Perkembangan IMK
HCI
Computational
linguistics Artificial
intelligence
Cognitive
science
Sociology
Ergonomics
Organizational
psychology
Mathematics
Cognitive
psychology
Social
psychology
Software
engineering
Anthropology

Piranti Bantu Pengembangan Sistem
► Pertama kali dikembangkan oleh MacApp oleh Apple pada pertengahan tahun 1980-an
► Contoh piranti bantu lainnya: Visual dBase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, Borland Delphi, dll
► Keuntungan:
 Tampilan/antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik
 Program antarmuka menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis untuk dipelihara

Kesalahan Mendasar Programmer
► Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
► Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
► Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
► Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
► Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data

Related Posts:

  • Cara membuat program penjumlahan dengan output terbilang dengan C++  Hay teman teman sekalian bagi yang ingin belajar cara membuat program penjumlahan dengan output terbilang dengan C++, siapkan dulu aplikasinya karena jika tanpa aplikasi sejenis ini, anda tidak bisa membuat sebuah kalk… Read More
  • Interaksi Manusia KomputerApa itu IMK? Ilmu yang mengkaji tentang komunikasi dan interaksi pengguna sistem dan sistem yang digunakan. Tidak hanya sistem komputer, interaksi di sini juga meliputi sistem kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainy… Read More
  • Model Waterfall Model Waterfall Waterfall Model pertama kali di perkenalkan oleh Winston Royce tahun 1970. Waterfall Model merupakan model klasik yang sederhana dengan aliran sistem yang linier. Output dari setiap tahap ini merupakan in… Read More
  • Analisis Kebutuhan Sistem Tujuan dari fase analisis adalah memahami dengan sebenar-benarnya kebutuhan dari sistem baru dan mengembangkan sebuah sistem yang mewadahi kebutuhan tersebut, atau memutuskan bahwa sebenarnya pengembangan bahwa pengembanga… Read More
  • Human Computer-Interface (HCI) Human Computer-Interface (HCI) Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI) Tujuan:  User friendly (ramah dengan pengguna): kemamp… Read More

0 komentar:

Posting Komentar